Lelang jabatan tiga JTP sepi peminat
Pemerhati usulkan bupati gunakan merit sistem

Lelang jabatan tiga JTP sepi peminat


bekasikab.go.id
Meggy Brotodihardjo

Open Bidding atau lelang jabatan untuk Jabatan Tinggi Pratama di Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Pemadam Kebakaran dan Satuan Polisi Pamong Praja sepi peminat.  Dengan demikian,  Panitia Seleksi menunda pelaksanaan open bidding tersebut sambil menunggu adanya pendaftar baru.

Kepala Bidang Pembinaan dan Pengembangan ASN pada Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Bekasi, Yudhi Aldrian, kepada bekasikab.go.id mengatakan,  pihaknya tengah melakukan konsultasi dan koordinasi terkait hal tersebut.

Menyikapi hal tersebut,  pemerhati masalah pemerintahan, Meggy Brotodihardjo menilai bahwa setidaknya mulai ada ketakutan di kalangan pejabat untuk memegang jabatan di level jabatan tinggi pratama.

"Adanya kasus sejumlah pejabat yang bermasalah dengan hukum,  sedikit banyak ikut mempengaruhi," ujar Meggy.

Namun begitu,  lanjut Meggy,  jika open bidding di satu jabatan sepi peminat, bupati bisa mengambil kebijakan dengan menggunakan merit sistem.

Merit sistem , papar Meggy, adalah kebijakan dan manajemen SDM aparatur negara yang berdasarkan kualifikasi, kompetensi, dan kinerja secara adil dan wajar. Penilaian yang berbeda dari fit and proper test

Selain itu, lanjut Meggy,  merit sistem merupakan cerminan manajemen kepegawaian yang profesional dimana penempatan pegawai dan pejabat menggunakan kompetensi kinerja dan track record sebagai alat ukur pengangkatan.

"Itu yang harus didorong ke depan, sebagaimana Pemprov Jabar juga akan melaksanakan nya,"  tegas Meggy.(august suzana) 



 

Tag:    daerah  |  


BERITA TERKAIT

Bermedsos ASN

TULIS KOMENTAR

Top