Masyarakat agar berpartisipasi menanggulangi bencana
Eka : Dengan sesegera mungkin melaporkan ke BPBD

Masyarakat agar berpartisipasi menanggulangi bencana


bekasikab.go.id
Simulasi penanggulangan bencana

 

Dalam rangka memperingati Hari Siap Siaga Bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi  mengadakan simulasi penanggulangan bencana gempa bumi yang merusak sebuah gedung dengan korban yang masih terperangkap dalam gedung.

Kegiatan yang dilaksanakan di halaman parkir kantor BPBD Kompleks Perkantoran Pemkab Bekasi, Cikarang Pusat, dihadiri  Plt. Bupati Bekasi, H. Eka Supria Atmaja, SH. Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi, H. Uju M. Si, sejumlah kepala dinas, Camat dan tamu undangan lainnya. Jum'at 26 April 2019.

Kepada bekasikab.go.id, Plt Bupati Bekasi, H. Eka Supria Atmaja, SH mengatakan sekalipun bencana yang sering terjadi di Kabupaten Bekasi adalah Puting Beliung, kekeringan dan banjir,  namun BPBD harus siap dalam setiap bencana yang mungkin terjadi.

"Kita lihat bersama tadi, simulasi penanggulangan bencana gempa bumi yang merupakan salah satu keahlian yang harus dimiliki BPBD," ujar Eka Supria Atmaja.

Menurut Eka, panggilan akrab Plt. Bupati Bekasi, peralatan BPBD sudah cukup baik. Ada 8 tangki air yang dapat dipergunakan untuk menanggulangi bencana kekeringan, perahu karet untuk menolong dan mendistribusikan makanan untuk korban banjir. Bahkan ada gudang-gudang peralatan dan bahan bantuan di dekat lokasi yang biasanya terjadi bencana.

"Kita juga sudah memiliki alat yang dapat menerima video keadaan bencana yang dilaporkan masyarakat." Ujar Eka.

Dengan alat tersebut, pusat penanggulangan bencana dapat dengan segera mengetahui keadaan daerah yang terjadi bencana, sehingga dapat segera memberikan bantuan, lanjut njut Eka Supria Atmaja.

Lebih lanjut, Plt Bupati Bekasi mengharapkan partisipasi masyarakat dalam menanggulangi bencana, antaranya dengan segera memberikan laporan ke BPBD Kabupaten Bekasi.(herly)-editor : august suzana

Tag:    daerah  |  


BERITA TERKAIT

Bermedsos ASN

TULIS KOMENTAR

Top