1.185 Pengawas TPS Tambun Selatan dilantik

1.185 Pengawas TPS Tambun Selatan dilantik


bekasikab.go.id

Sebanyak 1185 pengawas TPS di Kecamatan Tambun Selatan resmi dilantik, Senin malam (24/3), di gedung OSO Granwisata Tambun Selatan. Ketua Panwaslu Kecamatan Tambun Selatan,   Ardi Arbul, mengatakan, nanti para petugas pengawas TPS tersebut akan disebar di 1.185 TPS yang ada.

" Tugasnya mengawasi pelaksanaan pemilu di TPS pada tanggal 17 April 2019 nanti," terang Ardi Abdul kepada wartawan.

Para petugas pengawas TPS tersebut adalah usulan dari warga desa yang tidak terikat dengan partai politik.

" Kita juga selektif  terhadap usulan desa ," tambahnya.

Pelantikan petugas pengawas TPS dihadiri unsur Muspika dan PPK Tambun selatan. Nantinya ke 1.185 petugas pengawas TPS juga akan di Bintek dan melakukan rapat kerja teknis.

" Rakernis dilaksanakan satu minggu jelang tanggal 17 April 2019," kata Ardi.  Tugas Pengawas TPS telah diatur dalam Pasal 114 Undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu.
Dalam Pasal itu Pengawas TPS, yakni mengawasi persiapan pemungutan suara, pelaksanaan pemungutan suara, persiapan penghitungan suara,  pelaksanaan penghitungan suara dan pergerakan hasil penghitungan suara dari TPS ke PPS.

Selain itu,  dalam Pasal 115 bahwa Pengawas TPS berwenang menyampaikan keberatan dalam hal ditemukannya dugaan pelanggaran, kesalahan dan/atau penyimpangan administrasi pemungutan dan penghitungan suara, menerima salinan berita acara dan sertifikat pemungutan dan penghitungan suara dan melaksanakan wewenang lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Sedangkan, dalam pasal 116 Pengawas TPS berkewajiban untuk menyampaikan laporan hasil pengawasan pemungutan dan penghitungan suara kepada Panwaslu Kecamatan melalui Panwaslu Kelurahan/ Desa dan menyampaikan laporan hasil pengawasan kepada Panwaslu, Kecamatan melalui Panwaslu Kelurahan/desa.( Dwie)

Tag:    daerah  |  


BERITA TERKAIT

Bermedsos ASN

TULIS KOMENTAR

Top