Kemenag gelar seleksi Petugas Haji Tahap II

Kemenag gelar seleksi Petugas Haji Tahap II


bekasikab.go.id

 
 
BEKASIKAB - Direktur Bina Haji Kemenag Khoirizi, Selasa, (5/3/2019) mengatakan, Kementerian Agama menggelar seleksi petugas haji 1440 Hijriah/2019 Masehi tahap II. Seleksi digelar serentak oleh Kanwil Kemenag Provinsi seluruh Indonesia.
 
"Data kami mencatat, ada 3.475 peserta yang ikut seleksi hari ini," ujarnya saat memantau proses seleksi di Asrama Haji Bekasi.
 
Disampaikan Khoirizi, peserta seleksi ini terbagi menjadi dua. Pertama, petugas yang menyertai jemaah haji atau petugas kloter, dan terdiri atas Tim Pemandu Haji Indonesia/TPHI (ketua Kloter) dan Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia/TPIHI (Pembimbing Ibadah Kloter).
 
Peserta seleksi kedua adalah petugas yang tidak menyertai jemaah haji atau biasa disebut petugas non kloter yaitu PPIH Arab Saudi.
 
"Kuota TPHI ada 511, diperebutkan 1.313 peserta. Kuota TPIHI juga sama dan diperebutkan oleh 1.091 peserta," ujarnya.
 
Sementara itu, untuk petugas non kloter, kuota kanwil ada sebanyak 251 orang dan diperebutkan oleh 1.071 peserta.
 
Khoirizi menambahkan, seleksi petugas haji tingkat Kanwil Kemenag provinsi merupakan kelanjutan dari seleksi tingkat Kemenag kabupaten/kota yang digelar pekan lalu. 
 
Berbeda dengan di kabupaten dan kota, ujian petugas haji tingkat Kanwil Kemenag provinsi tidak dilakukan secara tertulis tapi menggunakan metode Computer Assisted Test (CAT).
 
"Selain CAT, dilakukan juga tes wawancara," katanya.
 
Dipastikan Khoirizi, perangkat CAT untuk ujian sudah siap sejak semalam. Peserta tinggal mempersiapkan sendiri paket data telepon selulernya karena panitia tidak menyediakan jaringan wifi di lokasi tes.
 
"Peserta tes tidak dibolehkan membawa telepon genggam lebih dari satu. Untuk kelancaran pelaksanaan tes, Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah sudah  menyiapkan tim khusus untuk memantau proses seleksi selama 24 jam di kantor Siskohat," katanya.
 
Pelaksanaan seleksi ini diawasi langsung oleh tim KPHI dan Itjen Kementerian Agama.(jie)

Tag:    daerah  |  


BERITA TERKAIT

Bermedsos ASN

TULIS KOMENTAR

Top