Sistem masih baru, warga masih banyak yang tanya
Bansos BPNT di Kabupaten Bekasi

Sistem masih baru, warga masih banyak yang tanya


bekasikab.go.id

Habibi : Sistem masih baru, wajar masih saling tanya.

Dalam rangka percepatan penanggulangan kemiskinan, Kementerian Sosial Republik Indonesia saat ini, menurut Habibi koordinator TKSK ( Tenaga Kerja Sosial Kabupaten ) Bekasi,  memberikan bantuan sosial pangan kepada masyarakat miskin yang ada di Indonesia.

Saat ini kabupaten Bekasi juga mendapatkan program bantuan sosial pangan, yang awalnya bansos rastra dengan jumlah 96.601 KPM (Keluarga Penerima Manfaat) kemudian bertransformasi menjadi Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan ada penambahan jumlah penerima manfaat menjadi 102.589 KPM. Data tersebut diambil dari basis data terpadu yang ada di pusat data (Pusdatin) Kemsos RI. Data tersebut kemudian diserahkan kepada Dirjen Penanganan Fakir Miskin Kementrian Sosial untuk diperiksa dan diserahkan kepada Bank Penyalur yakni Bank BNI untuk dibukakan rekening secara kolektif .

Lanjut Habibi,  setelah kartu diregistrasi oleh bank penyalur maka KPM akan mendapatkan kartu kombo/KKS (Kartu Keluarga Sejahtera) dengan membawa identitas asli  kepada petugas BNI.

Besaran bantuan yang diterima diterima oleh KPM adalah Rp. 110.000/KPM/bulan yang hanya dapat dibelanjakan di e-warong dan tidak bisa ditarik tunai.

Dalam pembelanjaan tersebut KPM dapat memilih beras dan atau telur dengan kwalitas yg baik, dan apabila kwalitasnya kurang baik maka KPM dapat mengembalikan dan ditukarkan dengan kwalitas yg baik.

E.warong /agen penyalur yang disediakan saat ini oleh bank BNi berjumlah 256 e-warong yang tersebar di kabupaten Bekasi.

Dalam perjalanannya yang masih terbilang baru di Kabupaten Bekasi, Kortek TSSK selalu memantau,

"Jika ditemukan KKS rusak, terblokir, saldo nol, maka KPM dapat berkomunikasi dengan pendamping sosial yaitu TKSK, PSM dan Pendamping PKH yg ada di desa tersebut untuk dapat dilaporkan kepada bank BNI setempat.

Kortek Kesejahtraan Sosial menjelaskan lagi, Jika ditemukan KPM meninggal, pindah alamat, dobel, menolak bantuan, KPM tersebut dapat diusulkan perubahan melalui Musdes atau Muskel untuk dapat diganti dan diusulkan ke Kemensos RI melalui Dinas Sosial Kabupaten Bekasi.( eyp)

Tag:    daerah  |  


BERITA TERKAIT

Bermedsos ASN

TULIS KOMENTAR

Top