Warga Kabupaten Bekasi dapat sambungan listrik gratis dari PLN

Warga Kabupaten Bekasi dapat sambungan listrik gratis dari PLN


 
 
Senyum mengembang di wajah Saiful. Setelah sekian lama dirinya hanya bisa menyantol atau sambung listrik tetangga, kini dirinya bisa memiliki sambungan listrik sendiri. 
 
"Saya senang sekali akhirnya bisa punya listrik sendiri, sudah tidak nyantol lagi dan tidak takut jeglek, sekarang sudah tidak was-was lagi pake peralatan elektronik," Ungkap Saiful usai mendapatkan bantuan listrik gratis Pemerintah melalui program Sinergi BUMN. 
 
Saiful adalah satu dari 309 warga di kabupaten Bekasi yang mendapatkan bantuan sambung listrik gratis dari sinergi BUMN. 
 
Sebelumnya Presiden RI Joko Widodo mengunjungi Muara Gembong, Kabupaten Bekasi untuk melihat dan memastikan secara langsung penyambungan listrik gratis sinergi BUMN untuk 309 Kepala Keluarga. 
 
Kunjungan ini merupakan lanjutan dari rangkaian acara Program Sambung Listrik Gratis yang diinisiasi oleh 34 BUMN. 
 
Untuk saat ini ratio elektrifikasi Kabupaten Bekasi sudah mencapai hampir 100%, tapi masih ada 11.000 kepala keluarga memperoleh listriknya dari rumah tetangga (nyantol/levering). Mereka tidak mampu membayarkan biaya penyambungan listrik sebesar Rp 1 juta rupiah. 
 
"Untuk itu melalui program Pemerintah ini kami harapkan bisa membantu warga yang sebelumnya nyantol sehingga bisa mendapatkan sambungan listrik secara langsung," lata Direktur Utama PLN Sofyan Basir dalam keterangan resminya. 
 
Pemasangan listrik gratis ini tentunya meringankan warga yang sebelumnya ketika masih nyantol mereka harus membayar Rp40 ribu–Rp50 ribu untuk 3 bola lampu.Tapi sekarang, dengan pasang listrik sendiri warga cukup membayar Rp20 ribu untuk lampu dan peralatan listrik lainnya tanpa takut jeglek (putus listrik). 
 
Program ini merupakan program nasional seluruh Indonesia. Di wilayah jawa Barat sudah tersambung 105.000 rumah. Dari target 235.000 ribu rumah.Secara nasional sebanyak 1.2 juta kepala keluarga akan memperoleh sambungan listrik gratis secara bertahap.

Tag:    daerah  |  


BERITA TERKAIT

Bermedsos ASN

TULIS KOMENTAR

Top