Lomba Desa menjadi tolak ukur kesejahteraan masyarakat
Soegiyana, SE. MM

Lomba Desa menjadi tolak ukur kesejahteraan masyarakat


bekasikab.go.id
Soegiyana, SE, MM

Kepala Bidang Kelembagaan dan Partisipasi Masyarakat pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bekasi,   Soegiyana, SE, MM, mengatakan,  lomba desa yang dilakukan tiap tahun cukup penting dan merupakan salah satu bentuk atau model dalam upaya mengetahui efektifitas, tingkat perkembangan desa, kemajuan, kemandirian,  keberlanjutan pembangunan serta kesejahteraan masyarakat.

Selain itu,  lanjut Soegiyana,  penggerakkan partisipasi masyarakat dalam membangun desa secara gotong royong dan swadaya,  akan terlihat saat lomba desa dilaksanakan.

Selain itu,  lomba desa juga menjadi alat ukur atau instrumen untuk mengetahui atau mendapatkan hasil perkembangan desa. Karena itu sejumlah indikasi semisal pendidikan,  Kesehatan masyarakat,  ekonomi masyarakat,  keamanan dan ketertiban, partisipasi masyarakat menjadi materi penilaian.

Oleh karenanya,  papar Soegiyana,  manfaat lomba desa akan lebih dirasakan apabila masing-masing desa sadar untuk selalu memelihara, menindaklanjuti prestasi yang sudah dicapai, mempertahankan, bahkan meningkatkan prestasi yang sudah dicapai.

Tag:    daerah  |  


BERITA TERKAIT

Bermedsos ASN

TULIS KOMENTAR

Top